Pendampingan Penggunaan dan Pembaruan Sistem Informasi Desa, Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang



Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandri Unipdu 2020 (KPM-Mandiri Unipdu 2020) yang dilakukan oleh satu Mahasiswa Unipdu Fakultas Saintek Prodi Sistem Informasi Riza Fanani, yang bertempat di Dusun Nglajur Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Diema Hernyka Satyareni, S.Kom., M.Kom.

Salah satu dari program Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandiri Unipdu 2020 (KPM-Mandiri Unipdu 2020) yang dilakukan oleh Mohammad Riza Fanani adalah Pendampingan Penggunaan Sistem Informasi Desa, Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Dimana perangkat desa merasa kebingungan dan kesulitan dalam penggunaan atau pengoperasian Sistem Informasi Desa. Dalam hal ini Mohammad Riza Fanani melakukan melakukan Pendampingan Penggunaan dan Pembaruan Sistem Informasi Desa, Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang dari versi yang lama ke versi yang terbaru.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, (18/08/2020) di Balai Desa Tugusumberjo. Perangkat desa mengeluhkan tentang Sistem Informasi Desa yang ada di Desa Tugusumberjo masih sulit untuk dipahami sehingga penggunaan dan pemanfaatannya masih belum maksimal. Sehingga Sistem Informasi Desa, DesaTugusumberjo masih belum bisa digunakan secara sepenuhnya.

Disini mahasiswa Unipdu melakukan pendampingan dalam penggunaan dan juga pembaruan dari Sistem Informasi Desa yang ada di Desa Tugusumberjo ke versi terbaru yang lebih baik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap untuk mengurus proses administrasi yang ada di desa.

Dalam proses Pendampingan Penggunaan dan Pembaruan Sistem Informasi Desa, Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang yang dilakukan oleh Mohammad Riza Fanani kepada 2 orang perangkat desa yang ada di bidang kesekretariatan, bapak Bayu dan bapak Andik yang sehari-hari sebagai operator atau mengurus bagian administrasi kependudukan dan surat menyurat. Pendampingan yang dilakukan lebih difokuskan ke masalah mengurus data kependudukan, "data penduduk adalah data yang paling penting dan harus valid" kata bapak Bayu selaku sekretaris desa.

Diharapkan dengan adanya Pendampingan Penggunaan dan Pembaruan Sistem Informasi Desa, Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang, perangkat Desa Tugusumberjo mampu menggunakan dan memanfaatkan Sistem Informasi Desa  dalam proses layanan ke masyarakat dengan mudah dan cepat.

#KPMMANDIRIUNIPDU2020 : Pendampingan Pengguanaan dan Pembaruan Sistem Informasi Desa di Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang_Riza Fanani_4117007_Prodi Sistem Informasi_Fakultas Saintek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Riview Software GIS ( Diva GIS)